kyai saadih al batawi dan andrea hirata

kyai saadih al batawi adalah seorang kiyai cukup kharismatik di daerah jakarta barat. Beliau selain engadakan kegiatan pengajian bulanan, amal sosial dan melakukan terapi pengobatan metode sufistik. Pasien yang erdatangan amat banyak baik dari kalangan muslim maupun bukan. Pengikut beliau juga amat banyak. antara lain dalah ulfa dwi yanti dan (alm) taufik savalas.
Andrea Hirata adalah seorang yang mengarang tetralogi “laskar pelangi”, tetralogi pertamanya yang menjadi best seller. Berbagai macam pujian mengalir kencang dan tertulis di bagian depan bukunya. dia bisa dihubungi melalui sastrabelitong.multiply.com

Apa yang menarik bagi saya ?


Ternyata dibalik “kehebatan” mereka, mereka adalah orang-orang “biasa”, khususnya dalam hal pekerjaan, relatif berbeda dengan rekan2 seprofesinya. Berbeda dengan umumnya seorang kyai yang memiliki usaha sendiri, contohlah aa’ gym atau ustad yusuf manshur , atau kiyai2 langitan di tuban, kyai saadi merupakan salah satu supervisor dari perusahaan PMA. Sementara andrea hirata sendiri adalah juga seorang staff dari salah satu BUMN di negeri ini.
Bagi saya mereka berdua adalah contoh dimana menjadi seorang pegawai ternyata bisa juga berkontribusi besar dalam hal yang sama sekali tidak berhubungan dengan pekerjaannya. Menjadi pegawai bukanlah sebuah alasan untuk tidak bisa berbuat dan berkarya. Menjadi pegawai bukanlah alasan untuk selalu terkungkung rutinitas. Saya tentu saja tidak menyalahkan para kiyai yang menjadi pengusaha atau penulis yang memang menjadikan penulisan sebagai sumber nafkahnya.
Dalam hal ini, apalagi setelah membaca kisah dalam novel laskar pelangi, pikiran saya melayang ke 2 tahun yang lalu. Saat membaca berita seorang anak memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya (SMP) nya lagi karena sebuah prinsip ingin menjadi penulis profesional dan memulai sejak awal. Saya hanya berharap , semoga impiannya bisa tercapai..dan nantinya tidak termakan oleh prinsipnya sendiri. apalagi di negeri yang sistem pendidikannya masih carut marut ini dan sebuah karya lebih dihargai oleh laku tidaknya karya tersebut di pasaran.

40 comments so far

  1. Abuthoriq on

    Penuh ispiratif

  2. yenni on

    bolehkah saya tau alamat dari KH. SAADI ?

  3. wandy on

    berikut alamat Majelis Djikir As-Samawaat pimpinan Syekh KH. Sa’adih Al Batawi Al Maaliki:
    jl. Puri Kembangan No. 15 Rt 011/05 kedoya selatan jakarta barat telp 021 5808794

  4. mira on

    maaf kh mau tanya,mank bener mesjid attiin dan mesjid quba depok itu dananya dari nyirolo kidul dan g diterima yang solat disana?

  5. Dino on

    Allahu Akbar, Subhanallah…
    KH Saadih patut kita jadikan teladan…
    Begitu perhatiannya Beliau kepada fakir miskin dan kaum dhuafa di negeri ini
    Ya Allah berilah Keberkahan buat KH Saadih, Amin

  6. intan on

    Td pak kyai saadih ada di metro tv..btw,mama ku sering ngaji disana seminggu sekali,jg ngaji bulanannya,,pak kyai emg top bgt!

  7. Azie Fauzie on

    Tidak akan salah seandainya saudara-saudari semua mengikuti pengajiannya, ketenangan Dan keberkahan hidup Insya Allah akan didapat…sebab beliau tidak saja seorang Guru tapi seorang Mursyid sekaligus Orangtua bagi para jemaah yang mengikuti pengajian dan ajarannya. Majelis Dzikir As-Samawaat jelas dan sangat berbeda dengan Majelis Dzikir yang lain.

  8. agung on

    Baru pertama kali ini saya bertemu dan mengikuti pengajian beliau lantas dalam hati tergerak untuk menjadi murod. Dan memang sangat berbeda dengan pengajian-pengajian tempat lain, karena setiap pengajian Kyai slalu menganjurkan agar membawa Kitab suci Al-Qur’an untuk dipelajari bersama sehingga Al-Qur’an menjadi pedoman sesungguhnya bagi murid2 beliau. Beliau juga mempunyai pondok pesantren Darul Mughni di daerah depok, juga tempat khalwat bagi murid di Tanjung Burung, dimana tempat khalwat ini untuk mengasah kepekaan diri terhadap Alloh Sang Mahadiraja, sampai sejauh mana kita telah mengenalNya, mengenal dalam arti sudah adakah sifat2 Nya terpancar dalam diri pribadi kita.
    Semoga Alloh SWT snantiasa memulikan beliau Amin.

  9. Wawan on

    Assalamu’alaikum wr wbr.

    Kyai Saadih adalah salah satu contoh yang ditunjukkan Allah kepada kita, dimana Allah akan memuliakan manusia yang memuliakan agamaNya. Allah akan mengangkat derajat siapa yang dikehendakiNya.

    Kebetulan saya adalah teman satu kantor dengan beliau, meskipun kiprah beliau di luar sudah begitu luar biasa, tapi di kantor beliau tetap bersikap sebagai layaknya karyawan. Beberapa rekan yang mungkin bersikap kurang hormat kepada beliau karena merasa jabatannya dikantor lebih tinggi dan kurang tahu kiprah beliau di luar kantor, beliau tanggapi dengan merendah. Kalau pertimbangan secara materi, sebenarnya beliau sudah tidak membutuhkan gaji yang diberikan oleh kantor, karena porsi dunia yang diberikan Allah pada beliau sudah jauh dari itu. Tetapi beliau tetap bekerja untuk mengajak teman-temannya beribadah kepada Allah.

    Beliau sangat sayang terhadap teman-temannya sehingga kalau ada temannya yang datang ke pengajian, selalu beliau muliakan sehingga terkadang membuat kita merasa jengah.

    Semoga Allah selalu merahmati Pak Kyai Saadih beserta keluarga dan murid-muridnya.

  10. KFRM on

    Saya juga merasakan kharisma dari Kiai yang satu ini, beda dengan ustadz-ustadz yang sering muncul di TV, entah kenapa ada perasaan damai ketika mengikuti pengajiannya

  11. agusgunawan on

    kyai bantu muridmu ini.

  12. agusgunawan on

    kyai bantu muridmu ini.dia tinggal di bintaro.tangerang.dia mengalami perjalanan ruh yg sangat aneh.hingga skarang ia merasa membutuhkan pertolongan sperti kyai.karna perjalanan ruhnya bnyak berhubungan dengan kyai.hingga dia merasa sudah berganti ruh.ruhnya yg awal sudah terasa mati.pertama msuk majlis dengan haji saefullah.tajur.ciri2 bibir sumbing.tlong sya kyai.

    • suroso on

      Shrsnya antum yg datang k majelis mengutarakan apa yg antum alami,bukan comment lwt spt ini.silahkan datang,dan smpkan permasalahan yg antum alami.pasti Mursyid akan melayani dgn senang hati

  13. suroso on

    Memang seharusnya da’wah bkn d jdkan profesi,tetapi seharusnya profesi d jdkn lahan da’wah

  14. Sulaeman rabbani on

    Mursyiduna yg mulia.sy bangga&bersyukur yg tlh memprtmukan seorng guru yg wara&apik dlm membmbing kami yg sdg menuju Allah swt.mudah2an Allah memberikn keistiqomahan kpd km di dlm mengamalkan ajaran Allah&Rasulnya melalui ap yg di contohkn&di ajrkn kpd kita.kita doakan smoga Allah senantia membrkn keshtn,pnjang umur kpd pa kyai.dan membrkn ksbrn kpd murid2&jamaah assamawat al maliki yg sdg menimba ilmu Allah swt.Amiin

  15. Bang Soker on

    ketika sy sakit tipes sdh parah berobat kmana2 ga smbuh jg, kebetulan sodara sy ada yg jd anggota zikir disana dan menganjurkan berobat pd kiai sa’adih dan sy pun akhirnya berobat ksana, dan alhamdulillah sy bs smbuh jg..trma ksh bnyk pak kiai……..smoga ALLH SWT slalu mlimpahkan rahmatnya utk bapak!! amiin..

  16. Liezz BanZay on

    Ass,
    Mw tanya kLo mw berobat gmn caranya Pa?
    Praktekny setiap harikah ataw ada wktu2 tertentu?
    Trim’s ya…

    • Nie Ree Nie on

      Wa’alaikum salam,
      kebetulan saya sering berobat di Pak KH. Sa’adi, ini jadwal pengobatannya :
      * setiap senin ba’da ashar s.d. maghrib, disambung lagi jam 01.00 krn ba’da maghrib – 01.00 ada pengajian rutin malam selasa, kecuali setelah pengajian bulanan (biasanya minggu ke-4), pengobatan dimulai ba’da isya krn tdk ada pengajian rutin.
      * selasa ba’da isya, rabu ba’da isya, jum’at ba’da isya

      tapi sebelumnya harus mengambil nomor antrian pada hari ybs & dibagikan pukul 11.30 (tapi yg antri biasanya datang dari pagi & duduk sesuai urutan untuk bisa dapat nomor awal krn jumlah pasien bs mencapai 200-300 org), FYI : klo mau ambil nomor pasien wanita sebaiknya yg antri wanita jg krn klo laki” akan diberikan nomor setelah antrian wanita selesai & untuk pengambilan nomor pasien laki” jg begitu,hal ini dilakukan supaya tidak adanya percampuran antara wanita & laki”. Sebelum pengobatan dimulai ada dzikir bersama yg dipimpin lsg oleh Pak Kyai (hal ini yg paling sy suka krn Pak Kyai benar” membimbing kita untuk mengenal Allah lebih dekat, istilah saya charger rohani ^_^ ).
      dan disana sistem pengobatannya Lillahi ta’ala krn sama sekali tidak diminta bayaran, bahkan Pak Kyai selalu memberikan santunan kpd pasien” yg kurang mampu pada saat pengobatan.
      untuk info lebih lengkap bisa menghubungi team medis Majelis Dzikir Assamawat di : Jl. Puri Kembangan No. 15 Rt 011/05 kedoya selatan jakarta barat telp 021 5808794 (Dekat perumahan Departemen Keuangan).
      mohon maaf klo ada kesalahan info….
      Wassalam

  17. yanto al-jawi on

    pak kh.saadih smga pak kiai panjang umur dan sehat selalu

  18. muhammad wijayanto on

    best of the best

  19. nastiar on

    semoga team medis majelis dzikir As-asmawat KH sa-adih mendapat berkah dan rahmat dari Allah Subanah Wata Allah,teriring selalu dari kami yang mencintaimu,untuk selalu berbuat kebaikan selalu,

  20. Lia on

    Semoga keluarga besar majelis dzikir As-samawat,dan pak
    kyai Saadih slalu diberikan kesehatan,keberkahan,kelancaran oleh Allah SWT, sehingga masih mampu untuk membimbing kami utk kearah yg lebih baik,,Aminnn,,,,

  21. irfan saputra on

    asalammualaikum ..
    semoga majelis dzikir as-samawat KH sa-dihdapat berkah ..
    aminn ya allah ..

    • mansyuruddin hma on

      Penghantar ruh dan jiwa menuju kebahagian dunia akhirat.

  22. ADI on

    ASsalmualikum wrwb,saya ADI sanjaya salah satu pasien yg sering berobat ke majelis dzikir assamawat, jujur majelis assamawat memang benar2 majelis yang di sucikan oleh ALLAH,PAK KIYAI SAADIH YG DI MULIAKAN OLEH ALLAH ,

  23. Majelis Langit [.] Wordpress on

    Salam kenal…
    Link-nya saya pasang di blog saya… 🙂

  24. Sulaeman rabbani on

    Bismillahirrahmanirrohiim,dgn nama ALLAH zat yg maha sempurna tanpa sekutu baginya,dia tuhan yg selalu sayng kpd hambany yg ia kehendaki,kpd hambany yg selalu integritas takwanya tanpa kemusyrikan.Yg hanya bergantung kpd zat yg agung itulah angka(1)Yg berarti ALLAH yg esa.Yakin kpd kitabny yg tersurat&tersirat itulah angka(2)Al qur,an&Hadist,sehingga ada implementasi hidup dgn dasar agama yg lurus itulh angka(3)Iman,Islam&Ihsan,yg menjadi dambaan setiap mahluk karena mengikuti kekasihny yg mulia sayyida Muhammad SAW,itulah angka(4)shidiq,tabligh,fathonah&amanah,sehingga smpurna angka(5)dgn rukun islamnya,dan sempurna juga angka(6)dgn rukun imanny,serta terjaga angka(7)tujuh anggota tubuh,sehingga dpt terkendalikan hawa nafsunya dgn angka(8)mengerti arah mata angin,dan mencapai darajt kesholehan sprt sprt para kekasih Allah angka(9)wali songo,serta mnjd angka(0)penuh dgn sifat2 Luhur.Itulah yg dpt kami lihat dari Mursyiduna syekh kyai haji SAADIH Al batawi.

  25. Sulaeman rabbani on

    Bismillahirrahmanirrahiim,kami mulai dgn menyebut nama ALLAH SWT agar terlimpahkan rahmat untuk seluruh hambanya yg msh istiqomah di dlm menegakan syariat agma dgn konsep yg sesuai dgn AL QURAN&HADIST.Shalawat dan salam kami sampaikan kpd sayyidul basyar yg sempurna akhlaknya bagaikan untaian mutiara yg harum semerbak yg tak dpt trlupakan di hati umatnya sayyidina MUHAMMAD SAW,Begitu penting kita hidup dgn menjaga adab kita kpd sang kholik yg menciptakan kita serta pentingny pula menjaga adab kita kpd RAAULULLAH SAW,kpd para keluarganya&para pengikutnya yg istiqomah menyampaikan risalah agma dgn konsep(Ittabi’U man layasalukum ajron wahum muhtaduun),juga menjaga adad kpd seluruh mahluk,bangsa&negara agr timbul sifat kasih sayang,damai tanpa ada sifat iri hati,sehingga kita terhindar dari penyakit hati terutama buruk sangka,itulah pentingnya kita mengamalkap sikap adab yg sesuai porsinya,bgmn kita beradab kpd TUHAN&RASULNYA serta kpd seluruh mahlukny sampai kpd diri kita sendiri baik secra zhahir maupun batin.

  26. dedy on

    Dulu saya sering ikut majelis dzikir ini setiap malam jumat, saya ingin sekali merasakan ketenangan hati seperti dulu, tapi entah kenapa saya malu untuk datang lg ke majelis assamawat, saya minta doanya agar saya di berikan kemudahan untuk mengikuti krgiatan majelis dzikir assamawat, saya rindu seksli dengan tausiyah pak kyai saadih…terutama logat bicaranya yg selalu membuat saya tersenyum

  27. fatih bintoro on

    zaadahullah barkatuhu fiddunya wal akhiroh

  28. sicaditimul on

    hay mau ty?apa kah alamat kh saadi yg di atas itu benar?soal nya sy perlu alamat kh saadi

  29. sarif hidayat on

    inti dari semua nya adalah berawal dari diri kita sendiri dari keinginan,tekat dan niat dari dalam hati kita

  30. Khairudin Aja on

    Sesuai dengan angka 6 (enam) yaitu Rukun Iman, keyakinan berbangsa Indonesia yg tersirat dari leluhur bangsa juga 6 (enam) yaitu; Bismillah, Kesadaran, Kerukunan, Keselamatan, Kebahagiaan dan Ketuhanan YME (BK5), wslm dari Khairnurbaya Bijaya

  31. Khairudin Aja on

    Aja = Anak jakarta asli (Kelapa Dua,Kp.Peruntagan)

  32. mega wati on

    aku sangat bersyukur allah tlah mempertemukan qu dngn majlis dzikir as-samawat,terlebih lg bsa menjdi jama’ah/murid syeh,alhamdulilah aku mendapatkan bnyk ilmu agama dr syeh kyai sa’adi,hapir 4 tahun qu mengikuti pengajian d majlis alhamdulliah bnyk perubahan dlm diri qu menjadi lebih baik,trima kasih guru ku.semoga allah senantiasa memberi mu kesehatan,umur panjang & memudahkan sgala urusan syeh dlm berdakwah & mengobati para pasien

  33. Suryana Galuh on

    Subhanallah pertama kali saya kenal dengan kyai sa’adih sekitar awal tahun 2000an, saya langsung tertarik dengan ahlak beliau yang sangat santun dan dermawan. Insya اَللّهُ ajaran beliau sudah saya jalankan walau hanya sebagaian kecil. Semoga beliau selalu ada dalam lindungan اَللّهُ SWT, selalu sehat, selalu bertambah ilmunya. Amiinn YRA

  34. mukhlis bilham on

    Klo ana mau ikut ngaji caranya gmn ya.makasih

    • Agung on

      Datang saja langsung tiap malam jum’at atau utk bulanan tiap minggu ke empat. Berpakaian muslim atau bisa pake gamis warna putih, membawa Al-Qur’an dan Kitab Riyadus Salihin.

  35. Riyanti on

    Asslamu’alaikum? Saya seorang anak sekaligus Adik yang in sya allah memohon ridho Allah Swt untuk kesembuhan ibu yarsinah dan mba Verawati yang sudah terlalu lama sakitnya (sakit pikiran) saya tau dari salah seorang teman yang sudah saya anggap seperti kakak saya sendiri. Setelah mendengar kok hati saya srek dan yakin in sya allah ALLAH SWT masih bersama saya.Yang saya tanyakan jadwal masih sama dan persedurnya bagaimana?

  36. djuwita on

    saya sakit susah duduk berdiri jalan. sy mw berobat ke pak hj sadi. tp bingung kalo siang ambil dl nomor . terus mlm dtng lg .bingung ongkos. sy cucu pak engkos almhm. mhn kbrnya. mksh


Leave a comment