Mencari lowongan kerja

Beberapa saat lalu, saya ditanya beberapa adik kelas yang baru lulus.
Mas ada lowongan gak ya. bingung nih udah lulus ?,
hmfff,. mendengar pertanyaan itu, saya jadi teringat diri saya sendiri, dan beberapa teman yang lain, sewaktu baru lulus dan g ada kerjaan, waktu kuliah pengen ndang lulus, waktu lulus pengen kuliah maneh , heheheee
kadang jeda 1-2 minggu aja apalagi 1 bulan udah bikin puyeng, dan kadang bikin temper naik , apalagi buat mereka yang ortunya gak kaya, dan sudah pensiun . sedangkan tanggungan yang lumayan, biasanya karena membiayai adik yang masih kuliah. apalagi biaya kuliah yang naudzubillah, untungnya saya sendiri saat itu sudah punya pekerjaan walaupun masih bergaji “kecil”, . sehingga tidak sepuyeng teman2 , lagian kuliah yang di PTN dengan harga murah sangat membantu.

Nah berikut ini adalah pengalaman saya dan beberapa rekan yang coba saya tuliskan demi membantu rekan2 yang mengalami kebingungan terutama kebingungan memasuki masa post studi sindrom.

1. Tetapkan, anda ingin kerja dimana, di perusahaan besar / BUMN ? atau sudah ada kerjasama, baik dengan teman atau sodara ?, atau ingin menjadi pengusaha ? atau dosen? atau PNS?
masing2 memiliki keuntungan dan kelebihan masing2 yang salah satunya bisa dilihat disini. Jangan dulu menjudge jelek hanya karena saat ini anda tidak bisa dapat gaji besar, kalo melihat film ini , ada kiasan bahwa dalam mencapai tujuan , anda seperti menaiki sebuah mobil di malam hari,jalanan sangat panjang dan gelap dan anda hanya berbekal mobil berlampu yang memiliki area 100 meteran. Tujuan anda bisa 10, 50 bahkan 1000 km lagi. Tapi, anda pasti bisa mencapai jika anda punya petanya , bahkan jika anda tidak punya peta sekalipun, anda tetap bisa, selama anda mau bertanya dan mencari tau pada orang yg ditemui dijalan serta konsisten dalam menjalani.
Selain itu jika anda ingin menjadi pengusaha mulailah membangun hubungan silaturahmi dengan rekan2 anda yang memiliki visi sama dengan anda dan membantu anda untuk tetap konsisten dan memotivasi anda jika gagal.
2. Jika target anda adalah perusahaan. jangan hanya perusahaan itu saja yang dikirim. cari perusahaan alternatif juga yang sejenis. beberapa rekan saya mengirim 50 lowongan kerja saat mereka udah lulus ,
3. Persiapkan diri anda untuk tes2 semacam psikotes , wawancara, menulis resume dan sebagainya. untuk hal ini, karena tidak diajarkan di kuliah, tidak ada salahnya kalo anda bertanya pada kakak kelas atau rekan. atau mengikuti pelatihan2 menghadapi tes2 semacam psikotes dan wawancara. Selain itu jagalah kesehatan juga. akan sangat eman sekali jika anda sudah lolos berbagai macam tes namun anda gagal di tes kesehatan.
4. Untuk mengantisipasi perusahaan idaman anda lewat semua, coba cari perusahaan alternatif di bidang lain yang kira2 bisa memberi gaji sesuai dengan keinginan anda. Selain itu pertimbangkan bagaimana karir, gaji (termasuk fasilitas) dan keahlian anda di perusahaan tersebut, apakah kemungkinan bisa berkembang? namun perlu diingat bahwa biasanya perusahaan yang memberi gaji besar, dan potensi besar, biasanya juga menerapkan kontrak yang penaltinya juga besar jika anda keluar entah karena ada yang lebih baik atau karena ketrima di perusahaan idaman anda. Pertimbangkan hal ini jika feeling anda mengatakan harapan anda masih ada untuk ketrima di lapis pertama.
Selain itu, jika anda g butuh uang dengan segera , anda bisa menjadi freelancer seperti disini ,
5. Khusus untuk IT. jika anda gak ketrima di perusahaan idaman, cobalah untuk mengasah kemampuan anda dan mengikuti sertifikasi2 yang sekiranya bisa memberi nilai tambah bagi anda sehingga suatu saat jika ada perusahaan yang membutuhkan dan memberi gaji lumayan, anda bisa ikut. Gak punya uang ?? ya lebih baik anda bersabar dan menabung gaji anda yang sekarang sambil mensyukuri apa yang sudah anda dapatkan sekarang. Bersyukur itu kunci kesuksesan juga. Mahal ?? namanya sertfikasi itu berarti investasi juga . lihat2 lah sertifikasinya sekiranya relatif lebih mudah dijual. Yang jelas, jangan hanya mengambil sertifikasi karena pengen sertifikatnya saja beberapa perusahaan mengadakan tes2 teknis juga terhadap sertitikasi.
Untuk IT juga mungkin ada yang trauma jadi programmer karena tugas kuliah yang bueraat, that;s different. Beda paling dasar, kalo kerja kita dibayar, kalo kuliah gak. Selain itu, kalo kuliah kita harus bisa lakukan semua mulai probis , desain sampai koding, apalagi kalo teman se team kita hantu. Sementara programmer ada pemfokusan, kecuali kalo kita usaha sendiri atau sistem s/w house nya parah. Jadi programmer berarti orang yang cuek dan cuma punya pacar komputer ? most of my friend are nice guy / lady and married before they 25 years old. They also an active people in social organization..
Mungkin untuk non IT anda bisa coba melirik kanan kiri, kira2 apakah saya dapat kemampuan tambahan dari sini . Kemampuan termasuk juga dalam menghadapi orang lain, tekanan kerja dan lain sebagainya yang suatu saat akan berguna. Anda g bisa melirik kanan kiri, atau g ada yang dilirik ? nah , cobalah untuk bersilaturahmi, salah satu hikmah silaturahmi adalah diperbanyak rejeki
6. Satu hal yang perlu saya tekankan , JANGAN MEMPERTIMBANGKAN KEAHLIAN ANDA pada saat recruitment. Biarkan bos anda yang menilai saat recruitment.. selama ANDA PUNYA DASARNYA dan bisa (HARUS) MEYAKINKAN bos untuk menerima anda , it’s ok n just do it. keahlian anda akan terasah begitu anda masuk dan anda tidak pantang menyerah dan gak gampang nangis jika –dimarahi– diarahkan bos, Beberapa perusahaan lebih menekankan KEMAMPUAN MENTAL daripada kemampuan teknis .Ingat , perjalanan anda masih panjang dan anda cuma punya lampu dg radius 100an meter dan untuk memanfaatkan itu lebih diperlukan keahlian mental.
7. Yang terakhir, jika anda sudah bekerja. dimanapun berusahalah sebaik mungkin untuk berprestasi , terus belajar dan mengasah terus kemampuan anda, IF YOU STOP LEARNING , YOU’LL STOP EVERYTHING . Masalah prestasi, jika anda benar2 bagus. atau minimal anda g punya cela, ya benar2 bagus tidak sekedar tampilan , siapa tau kemampuan anda suatu saat dilirik oleh teman yang lain yang udah sukses dan akhirnya menarik anda, Perusahaan yang bagus butuh resource yang bagus juga. Gak punya teman?, cobalah untuk menjalin silaturahmi. Beberapa rekan saya mendapatkan pekerjaan yang bagus dan lebih baik gajinya dari referensi2 rekan yang lain. Lama tapi gak ada kesempatan? bersabarlah.. sambil pelan2 mencoba alternatif lain, Rekan saya ada yang menjadi dosen dan mengatakan bahwa profesi dosen bukanlah cita2 nya sewaktu mahasiswa. Namun dengan profesi dosen ia bisa jalan2 studi ke sini,
8. Dalam masalah penghasilan anda Jangan sampai gaji mempengaruhi performa dan kualitas anda untuk bekerja. Yang terpenting anda tetap bisa untuk hidup dan menabung. Jangan hanya berfikir konsep gaji, tapi berfikirlah dengan konsep rejeki, artinya anda mungkin gak bisa kontrak rumah, namun anda bisa tinggal dan makan dirumah orang (kos, famili, atau ortu), atau anda dapat fasilitas fasilitas macem2, it’s ok. Toh percuma gaji besar tapi habis untuk keperluan macem2. Jika anda merasa gak bisa mengatur gaji, khususnya untuk menabung, namun teman anda bisa, cobalah membeli buku2 pengaturan keuangan yang bagus, yang saya rasa cukup bagus adalah buku “Siapa bilang karyawan g bisa kaya ” karya safir senduk.
8. Jangan lupa berdoa dan meyakini bahwa Allah mengatur hidup anda,. karena dengan meyakini bahwa Allah mengatur hidup anda, anda tidak akan patah semangat jika gagal, artinya dengan menyalahkan berprasangka baik terhadap takdir Allah, anda bisa mengambil hikmah dari kegagalan anda dan tidak terlalu menyalahkan diri sendiri ,sehingga anda merasa harus gantung diri . ingatlah bahwa selama badan di nyawa, harapan selalu ada, jika anda mau percaya..
dan Sesuatu yang tampak jelek, belum tentu buruk buat anda. sesuatu yang tampak indah , belum tentu baik bagi anda..

Ok.. Selamat mencari kerja.. ingatlah, bagaimanapun kerja anda, selama kerjaannya halal, merupakan bagian dari ibadah

6 comments so far

  1. ati mulyawati on

    saya pernah masuki lowongan ke pabrik.sampai izasah yang legalisir aj hbs.saya dah masukin ke mana tapi ternyata susah banget ya.kata ya kalo untuk perempuan mudah banget untuk masuk pekerjaan tp ternyata itu semua bohong.ya mungkin tu bkn rezeki saya.saya pusing mencari kerja.saya pusing untuk membiayai adik ku sekolah ke smp sedangkan orang tua ku sudah tidak berkerja lagi mereka sudah g mampu untuk membiayai adik ku sekolas.tapi saya masih bersyukur saya bisa dapatkan bekerja di internet ya walau itu gaji ya tidak mempuaskan yang penting saya bisa membiayai adik ku…
    kenapa perusahan tidak baik hati gto ci…kan kasihan orang2 yang baru lulu.masih banyak orang yang nganggur..indonesia mao jadi ap ci banyak orang yang nganggur yang g karuan begto aja..seperti anak jalan’an dia dah lulus sekolah tp dia tidak bekerja karna thn 2008 ni susah bngt untuk mencari kerja ya….saya ingin bangt perusahan yang laen tuk buka hati untuk orang yg butuh bekerjan.tidak usah pake sogokan segala krna tu tidak bae untuk mencontohkan masyarakat ye kapan masyarakat maju klo ada sogokan segala…
    semoga semua perusahan membuka hati ya amiennnnn
    ingat masih banyak orang membutuhkan pekerjaan

    • amelinda jessica on

      mari bergabung bersama saya ,,,, program ini menjanjikan ,,,, awalnya memang saya percaya gak percaya … setelah saya mencoba dan terbukti mendapatkan hasil yang memuaskan… saya mengajak anda agar anda bisa mendapat uang dengan cuma2 dan dengan mudah ….. buka link http://www.program5milyar.com/?id=amelindajessica
      thx….salam sukses bagi kita semua !!

  2. pribadidewa on

    jangan cari kerja mbak .. tapi bikin kerja …😀
    ngojek kalo gak ada motor pinjem teman, ntar hasil bagi 2 , jualan es di pasar malem , buka toko.. atau ngider makanan ..
    dan jangan bikin hasil optimal (mikir2 masa kerjaan banyak tapi hasil dikit) tapi bikin hasil maximal(mluangkan semua waktu untuk kerja) ..
    siapa tau dari yang sedikit tu bisa dapat banyak ..
    jangan lupa perbanyak silaturahmi dan pandai2 menawarkan keahlian diri (komputer, masak, menjahit dlsb)..

  3. tom on

    Bagus sekali posting nya mas,
    jadi teringat sewaktu baru lulus dulu. Waktu baru lulus dulu yang serba pas-pas an (nilai IPK nya, dana nya, waktu nya)dan termasuk rahmat Allah bisa lulus dari PTN yg susah nya minta ampun. Meskipun cuma nganggur 3 bln tapi akhirnya dapet kerja yang ganjinya cuma habis buat ongkos doang tapi dapet dari hasil cari sendiri tanpa nyogok atau KKN. Terkenang kurang lebih sekitar 45 bundel surat lamaran plus CV yang terkirim lewat pos belum termasuk lewat e-mail. Alhamdulillah setelah 4 tahun berjibaku di dunia kerja dan 4 kali pindah kerja akhir nya bisa dapat kerja yang penghasilan nya bisa buat naik pesawat terbang tiap bulan seperti naik becak.

    please visit:
    http://modernaddict.blogspot.com/
    http://heavenlifepoetry.blogspot.com/
    http://repairhandphone.blogspot.com/

  4. adi sucipta on

    (kenal kan nama saya adi sucipta kelahiran thn 1988)saya pingin nyari kerjaan yg bisa membagi waktu saya untuk bisa mengaji karna saya punya kerjaan yg ada waktu untuk mencari ilmu agama seanday kan ada tolong hub saya ke no 085710606600 karna saya butuh banget nih.barang kalu ada yg mau ngajkin saya kerja saya ingin akali punya kerjaan yg ada istirahat nya walau pun gajih saya kecil yg penting saya ada waktu untuk istirahat.saya g punya izasah sd pun g lulus saya kepingin sekalu sekolah lagi.yg orang bilang kejar paket.ada sih kejar paket tapi saya g ada waktu.saya mulay kerja dari jam 8 pagi s/d 8 malem maka nya saya ingin pindah dalam pekerjaan saya ini mumudahan allah mengabul kan permintaan ini.barang kali ada yg berminat untuk mengajak saya berkerja.sakarang saya kerja uang makan saya sehari 20rb gajih saya 200rb kalau di kumpulin sekitar 770rb sebulan,seanday kan saya punya kerjaan yg lain saya ingin sekali pindah.
    ini saya berbicara dalam lubuk hati ku yg paling dalam.
    saya ingin punya kerjaan yg bisa bergagi waktu untuk mengaji dan beristirahat
    jika ada yg berminat hub;saya ke 085710606600/085711150333.adi sucipta.

    • amelinda jessica on

      mari bergabung bersama saya ,,,, program ini menjanjikan ,,,, awalnya memang saya percaya gak percaya … setelah saya mencoba dan terbukti mendapatkan hasil yang memuaskan… saya mengajak anda agar anda bisa mendapat uang dengan cuma2 dan dengan mudah ….. buka link http://www.program5milyar.com/?id=amelindajessica
      thx….salam sukses bagi kita semua !!


Leave a Reply

